Belajar kopi? Mulai dari mana?

By Bayu Pratama N.
Apr 07, 2022
Halo! Selamat datang di Blog Indonesia Coffee Academy!

"Saya sangat suka kopi di toko-toko kopi terdekat saya, tetapi dari mana saya harus memulai jika saya ingin mempelajari kopi lebih lanjut?"
 
Ketika kopi spesialti menjadi lebih umum, ini adalah pertanyaan yang lebih sering muncul. Jika teman-teman coffee enthusiasts yang sangat menghargai kerajinan kopi, tetapi teman-teman tidak yakin bagaimana cara membawa pengalaman itu kembali ke rumah, kami di sini hadir untuk teman-teman. Kita bisa menjadi sangat geek/nerd tentang teknik penyeduhan kopi dan peralatan di sekitar sini di Indonesia Coffee Academy, tetapi kenyataannya kopi yang enak tidak harus rumit. Banyak dari kita di sini jatuh cinta dengan kopi hanya dengan cara sederhana dan peralatan menyeduh, dan kami yakin teman-teman juga bisa.

Fundamentals
Semua skill pasti harus mempunyai dasar dan acuan agar skill tersebut dapat diaplikasikan dan dikembangkan bagi yang mempelajarinya. Jadi menurut kami, teman-teman disini harus memahami terlebih dahulu dasar atau fundamentals tentang kopi. Mungkin teman-teman dapat sedikit mengintip dari apa yang kami sampaikan di kelas lewat entry di blog-blog ini, seperti, sejatinya kopi itu sayuran atau buah? apa itu crema pada espresso? dan lain lain.

Practicals
Setelah teman-teman sudah memahami dasar atau fundamentals tentang kopi, teman-teman bisa mulai ke tahap selanjutnya yaitu, praktek. Prakteknya apa saja? Teman-teman bisa mulai dengan manual brewing yang bisa dilakukan dirumah. Lalu, apabila teman-teman punya kesempatan berkenalan dengan mesin espresso, teman-teman bisa kok belajar pulling shot espresso dan juga membuat latte art!

Experimentals
Langkah terakhir yaitu langkah ekperimen atau yang sering disebut 'ngulik', ngulik itu artinya mengotak-atik, mencari-cari, menggali, ataupun ngoprek sesuatu hal yang baru dan kita senangi untuk mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita cari. Tapi, bagaimana caranya kita mengulik sesuatu, sedangkan dasar dan acuannya kita tidak tahu, juga kita belum pernah terjun langsung di praktek. Oleh sebab itu, kami menyarankan langkah eksperimen ini ada di terakhir.

Di Indonesia Coffee Academy, kami memberikan ketiga langkah tersebut walau tidak secara bersamaan. Pada kelas-kelas seperti introduction about coffee, theory of brewing, dsb. kami memberikan fundamentals, atau acuan bagi teman-teman coffee enthusiasts untuk mulai belajar kopi. 

Pada kelas seperti Basic Espresso, teman-teman akan mendapatkan fundamentals dan juga practicals. Tidak hanya sebatas teori, pada kelas ini teman-teman juga akan mendapatkan hands-on experience dalam pembuatan espresso.

Nah, yang terakhir, walaupun kelas sudah berakhir, rekan-rekan trainer kami tidak sungkan untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman peserta, kami juga sering mengundang peserta untuk datang apabila ada kesempatan ke coffee lab kami untuk melakukan eksperimen atau ya sekadar "ngulik" kopi bareng! Seru banget ya? Yuk, buruan daftar kelas-kelas di Indonesia Coffee Academy!

Salam.

Bayu Pratama N.

Read More

House Blend

Apr 08, 2022 | 0 Comment

Apa yang membuat setiap Coffeeshop unik?

Read more
KKM

Mar 16, 2022 | 0 Comment

Kopi Kok Mahal?!

Read more
A bit more of Espresso

Mar 11, 2022 | 0 Comment

Panduan bagi Pemula untuk Mencicipi Espresso

Read more