House Blend

By Bayu Pratama N
Apr 08, 2022

Halo! Selamat datang di Blog Indonesia Coffee Academy!


Pernahkah teman-teman disini berpikir "apa sih yang membuat rasa kopi berbeda-beda di tiap coffee shop?" Ya. Perbedaan racikan menu jawabannya, tapi ada juga yang puya racikan menu yang identik, tapi tetap menghasilkan rasa yang berbeda. Jawabannya adalah House Blend yang digunakan. Apa yang dimaksud dengan House Blend? Berikut kami jabarkan jawabannya.

 

Perihal House Blend

House Blend sendiri dapat diartikan sebagai racikan biji kopi yang menjadi trademark atau ciri khas dari coffee shop tersebut. Agar menjadi sebuah ciri khas yang dapat diingat, maka coffee shop membuat House Blend se-unik mungkin. Blend Arabika-Robusta sangat sering ditemukan pada coffee shop yang menjual “Es Kopi Susu” karena selain harga kopi Robusta yang lebih terjangkau, kopi Robusta juga mempunyai karakter rasa yang tidak mudah pudar apabila di campur dengan susu, krimer, gula dan es batu.

 

Berapa “Origin”?

Sebenarnya tidak ada batasan dalam berapa banyak origin yang digunakan, ada yang menggunakan 2 origin, 3 origin, bahkan sampai 5 origin. Tetapi ada hal penting yang perlu diperhatikan, seperti, bentuk Bean Hopper pada grinder yang mengerucut. Mungkin kita yakin di permukaan atas Bean Hopper ke-5 origin yang kita jadikan blend tersebut tersebar dengan rata, tetapi apakah di bagian bawah Bean Hopper kita yakin bahwa ke-5 origin tersebut tercampur dengan rata? Atau malah hanya 2 origin saja yang tergiling? Jadi kami dari Indonesia Coffee Academy menyarankan 2-3 origin sudah cukup untuk membuat sebuah House Blend.

 

Di Indonesia Coffee Academy, kami akan berbagi pengetahuan mengenai House Blend dan bahkan -teman juga akan mendapatkan hands-on experience dalam membuat sebuah House Blend yang unik bagi coffee shop masa depan teman-teman. Kelas Blending bisa teman-teman ikuti pada program Fnb Business Owner dan Professional Coffee Ethusiast. Yuk, buruan daftar kelas-kelas di Indonesia Coffee Academy!

 

Salam.

 

Bayu Pratama N.

Read More

Belajar kopi? Mulai dari mana?

Apr 07, 2022 | 0 Comment

Sebaiknya, mulai dari mana?

Read more
KKM

Mar 16, 2022 | 0 Comment

Kopi Kok Mahal?!

Read more
A bit more of Espresso

Mar 11, 2022 | 0 Comment

Panduan bagi Pemula untuk Mencicipi Espresso

Read more